QS 96 : 1 Quran Surat Al ‘Alaq Ayat 1 Terjemah Bahasa Indonesia

QS 96:1 Quran Surat Al ‘Alaq Ayat 1 terjemah bahasa indonesia oleh kementrian agama republik indonesia (Kemenag) atau departemen agama (Depag) Muhammad Quraish Shihab, tafsir jalalain (Jalal ad-Din al-Mahalli dan Jalal ad-Din as-Suyuti. disertai juga dengan terjemahan bahasa malaysia oleh Abdullah Muhammad Basmeih. Al ‘Alaq dalam bahasa arab ditulis سورة الـعلق yang berarti Segumpal Darah merupakan surat ke 96 dari 114 surat dalam Alquran, tergolong sebagai ayat Meccan, didalamnya terdapat 19 ayat.

 

Quran Surat Al ‘Alaq Ayat 1

Quran surat Al 'Alaq ayat 1

Bacaan QS 96:1 dalam huruf latin

Iqra biismi rabbika allathee khalaqa

Quran surat Al ‘Alaq ayat 1 dalam bahasa Arab

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ

Quran surat Al ‘Alaq 1 terjemah Bahasa Indonesia

Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag)/ Departemen Agama (Depag)

96:1| Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan,

Muhammad Quraish Shihab

96:1|[[96 ~ AL-‘ALAQ (SEGUMPAL DARAH) Pendahuluan: Makkiyyah, 19 ayat ~ Dalam surat ini terdapat ajakan untuk membaca dan belajar, dan bahwa Tuhan Yang mampu menciptakan manusia dari asal yang lemah akan mampu pula untuk mengajarkannya menulis–yang merupakan sarana penting untuk mengembangkan ilmu pengetahuan–dan mengajarkannya sesuatu yang belum pernah diketahuinya. Allahlah yang mengajarkan ilmu kepada manusia. Selain itu, surat ini mengingatkan kita bahwa kekayaan dan kekuasaan adakalanya dapat mendorong manusia untuk melanggar hukum dan ketentuan Allah, padahal semua kita pasti akan kembali kepada-Nya. Pembicaraan ini diarahkan kepada siapa saja yang layak mendapat peringatan, terutama orang-orang yang berlaku tiran dan menghalangi orang lain untuk berbuat baik. Mereka yang disebutkan terakhir ini diancam akan masuk neraka. Ketika itu, penolong-penolong mereka tidak akan berguna lagi. Akhirnya, surat ini ditutup dengan ajakan kepada mereka yang mematuhi dan melaksanakan perintah Allah untuk mengambil sikap yang berlawanan dengan para pembangkang dan pendusta, dan ajakan untuk mendekatkan diri dengan melakukan kataatan kepada Tuhan semesta alam.]] Bacalah, wahai Muhammad, apa yang telah diwahyukan kepadamu dengan mengawalinya dengan menyebut nama Tuhanmu yang memiliki kemampuan untuk mencipta.

Tafsir jalalain (Jalal ad-Din al-Mahalli dan Jalal ad-Din as-Suyuti)

96:1| (Bacalah) maksudnya mulailah membaca dan memulainya (dengan menyebut nama Rabbmu yang menciptakan) semua makhluk.

Abdullah Muhammad Basmeih (Bahasa Malaysia)

96:1| Bacalah (wahai Muhammad) dengan nama Tuhanmu yang menciptakan (sekalian makhluk),

 

Demikian QS 96:1 Quran Surat Al ‘Alaq Ayat 1 Terjemah Bahasa Indonesia juga malaysia, dengan adanya terjemahan tersebut semoga kita bisa lebih mudah dalam memahami arti dari Alquran khususnya surat Al ‘Alaq ayat 1

Leave a Reply