QS 94 : 1 Quran Surat Al Sharh Ayat 1 Terjemah Bahasa Indonesia

QS 94:1 Quran Surat Al Sharh Ayat 1 terjemah bahasa indonesia oleh kementrian agama republik indonesia (Kemenag) atau departemen agama (Depag) Muhammad Quraish Shihab, tafsir jalalain (Jalal ad-Din al-Mahalli dan Jalal ad-Din as-Suyuti. disertai juga dengan terjemahan bahasa malaysia oleh Abdullah Muhammad Basmeih. Al Sharh dalam bahasa arab ditulis سورة الـشرح yang berarti Melapangkan merupakan surat ke 94 dari 114 surat dalam Alquran, tergolong sebagai ayat Meccan, didalamnya terdapat 8 ayat.

 

Quran Surat Al Sharh Ayat 1

Quran surat Al Sharh ayat 1

Bacaan QS 94:1 dalam huruf latin

Alam nashrah laka sadraka

Quran surat Al Sharh ayat 1 dalam bahasa Arab

أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ

Quran surat Al Sharh 1 terjemah Bahasa Indonesia

Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag)/ Departemen Agama (Depag)

94:1| Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?,

Muhammad Quraish Shihab

94:1|[[94 ~ ALAM-NASYRAH (KELAPANGAN DADA) Pendahuluan: Makkiyyah, 8 ayat ~ Surat ini memaparkan bahwa Allah Swt. telah melapangkan dan menjadikan hati Nabi- Nya, Muhammad saw., sebagai tempat turunnya berbagai rahasia dan ilmu pengetahuan. Disebutkan pula bahwa Allah juga telah menghilangkan beban menyampaikan dakwah yang terasa berat dari punggungnya, dan bahwa Allah menggandeng nama Muhammad dengan nama-Nya dalam kalimat syahadat yang menjadi dasar akidah dan syiar-syiar agama. Ayat-ayat selanjutnya, dalam surat ini, mengemukakan salah satu sunnatullâh yaitu bahwa kemudahan akan selalu menyertai kesulitan. Kemudian mengajak Rasulullah untuk berusaha mengerjakan kebaikan lain setiap kali selesai mengerjakan suatu kebaikan, juga untuk menjadikan Tuhan sebagai tujuannya. Karena memang Dialah Tuhan Yang Mahakuasa untuk menolongnya.]] Kami telah melapangkan dadamu dengan petunjuk dan keimanan yang ada di dalamnya.

Tafsir jalalain (Jalal ad-Din al-Mahalli dan Jalal ad-Din as-Suyuti)

94:1| (Bukankah Kami telah melapangkan) Istifham atau kata tanya di sini mengandung makna Taqrir atau menetapkan, yakni Kami telah melapangkan (untukmu) hai Muhammad (dadamu?) dengan kenabian dan lain-lainnya.

Abdullah Muhammad Basmeih (Bahasa Malaysia)

94:1| Bukankah Kami telah melapangkan bagimu: dadamu (wahai Muhammad serta mengisinya dengan iman dan hidayah petunjuk) ?

 

Demikian QS 94:1 Quran Surat Al Sharh Ayat 1 Terjemah Bahasa Indonesia juga malaysia, dengan adanya terjemahan tersebut semoga kita bisa lebih mudah dalam memahami arti dari Alquran khususnya surat Al Sharh ayat 1

Leave a Reply