QS 84 : 19 Quran Surat Al Inshiqaq Ayat 19 Terjemah Bahasa Indonesia

QS 84:19 Quran Surat Al Inshiqaq Ayat 19 terjemah bahasa indonesia oleh kementrian agama republik indonesia (Kemenag) atau departemen agama (Depag) Muhammad Quraish Shihab, tafsir jalalain (Jalal ad-Din al-Mahalli dan Jalal ad-Din as-Suyuti. disertai juga dengan terjemahan bahasa malaysia oleh Abdullah Muhammad Basmeih. Al Inshiqaq dalam bahasa arab ditulis سورة الانشقاق yang berarti Terbelah merupakan surat ke 84 dari 114 surat dalam Alquran, tergolong sebagai ayat Meccan, didalamnya terdapat 25 ayat.

 

Quran Surat Al Inshiqaq Ayat 19

Quran surat Al Inshiqaq ayat 19

Bacaan QS 84:19 dalam huruf latin

Latarkabunna tabaqan AAan tabaqin

Quran surat Al Inshiqaq ayat 19 dalam bahasa Arab

لَتَرْكَبُنَّ طَبَقًا عَنْ طَبَقٍ

Quran surat Al Inshiqaq 19 terjemah Bahasa Indonesia

Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag)/ Departemen Agama (Depag)

84:19|sesungguhnya kamu melalui tingkat demi tingkat (dalam kehidupan),

Muhammad Quraish Shihab

84:19|dan demi rembulan di waktu purnama, bahwa kalian benar-benar akan melalui beberapa masa yang semakin lama semakin dahsyat: kematian, kebangkitan dan petaka kiamat.

Tafsir jalalain (Jalal ad-Din al-Mahalli dan Jalal ad-Din as-Suyuti)

84:19| (Sesungguhnya kalian melalui) hai manusia. Bentuk asal lafal Latarkabunna adalah Latarkabuunanna, kemudian huruf Nun alamat Rafa’nya dibuang karena berturut-turutnya Nun, demikian pula huruf Wau alamat jamaknya, tetapi bukan karena ‘illat bertemunya kedua huruf yang disukunkan, sehingga jadilah Latarkabunna (tingkat demi tingkat) fase demi fase; yaitu mulai dari mati lalu dihidupkan kembali, kemudian menyaksikan keadaan-keadaan di hari kiamat.

Abdullah Muhammad Basmeih (Bahasa Malaysia)

84:19| Sesungguhnya kamu tetap melalui beberapa keadaan yang bertingkat-tingkat baik buruknya, (sebelum kamu menemui Tuhan – menerima kesenangan dan kebahagiaan atau sebaliknya)

 

Demikian QS 84:19 Quran Surat Al Inshiqaq Ayat 19 Terjemah Bahasa Indonesia juga malaysia, dengan adanya terjemahan tersebut semoga kita bisa lebih mudah dalam memahami arti dari Alquran khususnya surat Al Inshiqaq ayat 19

Leave a Reply