QS 75 : 26 Quran Surat Al Qiyamah Ayat 26 Terjemah Bahasa Indonesia

QS 75:26 Quran Surat Al Qiyamah Ayat 26 terjemah bahasa indonesia oleh kementrian agama republik indonesia (Kemenag) atau departemen agama (Depag) Muhammad Quraish Shihab, tafsir jalalain (Jalal ad-Din al-Mahalli dan Jalal ad-Din as-Suyuti. disertai juga dengan terjemahan bahasa malaysia oleh Abdullah Muhammad Basmeih. Al Qiyamah dalam bahasa arab ditulis سورة الـقـيامـة yang berarti Hari Berbangkit merupakan surat ke 75 dari 114 surat dalam Alquran, tergolong sebagai ayat Meccan, didalamnya terdapat 40 ayat.

 

Quran Surat Al Qiyamah Ayat 26

Quran surat Al Qiyamah ayat 26

Bacaan QS 75:26 dalam huruf latin

Kalla itha balaghati alttaraqiya

Quran surat Al Qiyamah ayat 26 dalam bahasa Arab

كَلَّا إِذَا بَلَغَتِ التَّرَاقِيَ

Quran surat Al Qiyamah 26 terjemah Bahasa Indonesia

Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag)/ Departemen Agama (Depag)

75:26| Sekali-kali jangan. Apabila nafas (seseorang) telah (mendesak) sampai ke kerongkongan,

Muhammad Quraish Shihab

75:26| Terjegallah kalian dari cinta dunia yang akan kalian tinggalkan apabila ruh telah mencapai tulang kerongkongan. Mereka yang menyaksikan saling bertanya, “Adakah yang dapat menyembuhkan rasa sakit yang dideritanya?” Orang yang tengah sekarat itu telah menduga bahwa apa yang dialaminya adalah perpisahan dengan dunia yang dicintainya. Rasa sakit pun semakin memuncak. Maka bertautlah betis dengan betis lainnya saat ruh dicabut. Hari itu, kepada Tuhanmulah para hamba akan digiring, baik ke surga maupun ke neraka.

Tafsir jalalain (Jalal ad-Din al-Mahalli dan Jalal ad-Din as-Suyuti)

75:26| (Sekali-kali jangan) bermakna Alaa, yakni ingatlah. (Apabila telah sampai) napas (pada tenggorokan) atau kerongkongan.

Abdullah Muhammad Basmeih (Bahasa Malaysia)

75:26| Sedarlah (janganlah mengutamakan dunia dan melupakan akhirat. Ingatlah akan hal orang yang hendak mati) apabila rohnya sampai ke pangkal kerongkong,

 

Demikian QS 75:26 Quran Surat Al Qiyamah Ayat 26 Terjemah Bahasa Indonesia juga malaysia, dengan adanya terjemahan tersebut semoga kita bisa lebih mudah dalam memahami arti dari Alquran khususnya surat Al Qiyamah ayat 26

Leave a Reply