QS 54 : 55 Quran Surat Al Qamar Ayat 55 Terjemah Bahasa Indonesia

QS 54:55 Quran Surat Al Qamar Ayat 55 terjemah bahasa indonesia oleh kementrian agama republik indonesia (Kemenag) atau departemen agama (Depag) Muhammad Quraish Shihab, tafsir jalalain (Jalal ad-Din al-Mahalli dan Jalal ad-Din as-Suyuti. disertai juga dengan terjemahan bahasa malaysia oleh Abdullah Muhammad Basmeih. Al Qamar dalam bahasa arab ditulis سورة الـقمـر yang berarti Bulan merupakan surat ke 54 dari 114 surat dalam Alquran, tergolong sebagai ayat Meccan, didalamnya terdapat 55 ayat.

 

Quran Surat Al Qamar Ayat 55

Quran surat Al Qamar ayat 55

Bacaan QS 54:55 dalam huruf latin

Fee maqAAadi sidqin AAinda maleekin muqtadirin

Quran surat Al Qamar ayat 55 dalam bahasa Arab

فِي مَقْعَدِ صِدْقٍ عِنْدَ مَلِيكٍ مُقْتَدِرٍ

Quran surat Al Qamar 55 terjemah Bahasa Indonesia

Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag)/ Departemen Agama (Depag)

54:55|di tempat yang disenangi di sisi Tuhan Yang Berkuasa.

Muhammad Quraish Shihab

54:55| Di tempat yang benar, tak ada main-main dan dosa, di sisi Tuhan Yang Mahakuasa.

Tafsir jalalain (Jalal ad-Din al-Mahalli dan Jalal ad-Din as-Suyuti)

54:55| (Di tempat yang benar) di majelis yang benar, karena tidak ada perkataan yang tidak berguna dan tidak pula ada perkataan yang berdosa di dalamnya; pengertian Maq’ad di sini adalah ditinjau dari segi jenisnya. Menurut qiraat yang lain lafal Maq’ad dibaca dalam bentuk jamak yaitu Maqaa’id. Makna yang dimaksud ialah bahwa ahli surga itu berada di dalam majelis-majelis surga dalam keadaan bebas dari perkataan yang tidak ada gunanya dan bebas pula dari hal-hal yang berdosa, keadaan mereka berbeda dengan keadaan majelis-majelis di dunia. Karena sesungguhnya majelis-majelis di dunia itu jarang sekali bebas dari hal-hal tersebut. Lafal ayat ini berkedudukan sebagai Khabar yang kedua, dan lafal Shidqin menjadi Badal dari lafal Shaadiqin, yakni Badal Ba’dh atau lainnya (di sisi Yang Maha Raja) merupakan perumpamaan yang mengandung makna Mubalaghah, yakni Maha Raja Yang Maha Perkasa lagi Maha Luas (lagi Maha Berkuasa) tiada sesuatu pun yang melemahkan-Nya, Dia adalah Allah swt. Lafal ‘Inda menunjukkan isyarat yang mengandung makna derajat dan kedudukan mereka yang dekat di sisi-Nya, sebagai anugerah dari Allah swt. kepada para penghuni surga.

Abdullah Muhammad Basmeih (Bahasa Malaysia)

54:55| Di tempat yang sungguh bahagia, di sisi Tuhan Yang Menguasai segala-galanya, lagi Yang Berkuasa melakukan sekehendakNya.

 

Demikian QS 54:55 Quran Surat Al Qamar Ayat 55 Terjemah Bahasa Indonesia juga malaysia, dengan adanya terjemahan tersebut semoga kita bisa lebih mudah dalam memahami arti dari Alquran khususnya surat Al Qamar ayat 55

Leave a Reply