QS 102 : 1 Quran Surat At Takathur Ayat 1 Terjemah Bahasa Indonesia

QS 102:1 Quran Surat At Takathur Ayat 1 terjemah bahasa indonesia oleh kementrian agama republik indonesia (Kemenag) atau departemen agama (Depag) Muhammad Quraish Shihab, tafsir jalalain (Jalal ad-Din al-Mahalli dan Jalal ad-Din as-Suyuti. disertai juga dengan terjemahan bahasa malaysia oleh Abdullah Muhammad Basmeih. At Takathur dalam bahasa arab ditulis سورة الـتكاثر yang berarti Bermegah – megahan merupakan surat ke 102 dari 114 surat dalam Alquran, tergolong sebagai ayat Meccan, didalamnya terdapat 8 ayat.

 

Quran Surat At Takathur Ayat 1

Quran surat At Takathur ayat 1

Bacaan QS 102:1 dalam huruf latin

Alhakumu alttakathuru

Quran surat At Takathur ayat 1 dalam bahasa Arab

أَلْهَاكُمُ التَّكَاثُرُ

Quran surat At Takathur 1 terjemah Bahasa Indonesia

Kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag)/ Departemen Agama (Depag)

102:1| Bermegah-megahan telah melalaikan kamu,

Muhammad Quraish Shihab

102:1|[[102 ~ AT-TAKATSUR (BERMEGAH-MEGAHAN) Pendahuluan: Makkiyyah, 8 ayat ~ Surat ini mencela orang-orang yang disibukkan oleh kemegahan hidup sehingga tidak menjalankan kewajibannya, dan memperingatkan bahwa mereka, kelak, akan mengetahui balasan keteledoran mereka. Selain itu, surat ini juga mengancam bahwa mereka akan menyaksikan api neraka dan akan ditanya tentang kenikmatan yang mereka rasakan.]] Kalian telah disibukkan oleh anak-anak dan pendukung-pendukung kalian, oleh sikap sombong kalian terhadap harta dengan menghitung-hitungnya dan juga oleh keturunan kalian, sehingga tidak menjalankan kewajiban dan ketaatan sampai ajal kalian datang menjemput.

Tafsir jalalain (Jalal ad-Din al-Mahalli dan Jalal ad-Din as-Suyuti)

102:1| (Telah membuat kalian lalai) atau telah melalaikan kalian dari taat kepada Allah (bermegah-megahan) yaitu saling bangga-membanggakan harta, anak-anak dan pembantu-pembantu.

Abdullah Muhammad Basmeih (Bahasa Malaysia)

102:1| Kamu telah dilalaikan (daripada mengerjakan amal bakti) oleh perbuatan berlumba-lumba untuk mendapat dengan sebanyak-banyaknya (harta benda, anak-pinak pangkat dan pengaruh), –

 

Demikian QS 102:1 Quran Surat At Takathur Ayat 1 Terjemah Bahasa Indonesia juga malaysia, dengan adanya terjemahan tersebut semoga kita bisa lebih mudah dalam memahami arti dari Alquran khususnya surat At Takathur ayat 1

Leave a Reply